Jumat, 21 Mei 2010

Tiga Profesi / Bisnis Bidang TI yang paling Prospektif

Profesi di bidang IT yang menurut saya sangat menjanjikan untuk saat ini antara lain :


  • Reseller dibidang IT

Meski tak menguasai TI (Teknologi Informasi) tak perlu patah arang jika ingin berbisnis di bidang ini. Ada banyak cara melakukannya. Yang paling gampang adalah menjadi reseller atau agen produk-produk TI. Di sisi pendapatan ada peluang mendapatkan keuntungan yang tak kecil. Langkah ini bisa dimulai dengan menjadi mitra (reseller) produsen-produsen produk TI lokal. Dua di antaranya adalah Simply Interactive dan Bamboo Media.

Kedua perusahaan yang sama-sama dikendalikan anak muda ini bergerak di bidang produksi software tepat guna. Simply Interactive menawarkan aneka software terapan berdasarkan software-software open source seperti Joomla dan Wordpress. Antara lain menawarkan software terapan praktis bagi mereka yang ingin membuat webiste e-commerce untuk kalangan UKM. Konsentrasi ke UKM ini malah diwujudkan dengan kampanye "Ciptakan 10.000 UKM E-commerce". Produk unggulan lainnya adalah CD-CD Tutorial bagi mereka yang ingin menggunakan aneka software terapan, semisal CD Tutorial Graphic Design, CD Tutorial Video Editing, CD Tutorial Office, dan sebagainya.

Seperti juga Simply Interactive, Bamboo Media juga menawarkan aneka software terapan baik untuk keperluan bisnis maupun pendidikan. Software-software itu dibuat sendiri oleh tim Bamboo Media.

Untuk menjangkau distribusi yang lebih luas baik Simply Interactive maupun Bamboo Media menawarkan kerjasama kemitraan untuk reseller di berbagai tempat. Reseller ini bisa berjualan melalui Internet ataupun di gerai-gerai riil seperti toko buku. Modal jadi kemitraannya pun bervariasi mulai dari Rp 50.000. Simply Interactive adalah perusahaan yang berbasis di Malang, Jawa Timur, sedangka Bamboo Media di Bali.


  • Parallel Programming
    Pada tahun 2012, komputer akan melompat dari core duo prosesor multi-core prosesor – sebanyak 80 prosesor per mesin – daya superkomputer pengepakan ke dalam desktop, kata Jerry Bautista, co-direktur Intel berskala Tera Computing Research Program. Core yang berbeda dapat bekerja secara paralel, seperti simfoni’s instrumen, cracking masalah kompleks, membangun model manusia hidup dan mengantisipasi dengan kebutuhan pengguna, semua pada kecepatan hati. Parallel programmer yang dapat menjaga ‘simfoni’ selaras akan permintaan tinggi. Kualifikasi: Sebuah gelar sarjana atau lebih tinggi di bidang ilmu komputer atau bidang yang relevan, non-linear berpikir dan kreativitas.

  • Teknologi Data
    Tahun 2012, frekuensi radio ID chip, kamera video, komputer dan sensor akan menghasilkan jumlah informasi yang luar biasa. Teknologi data membangun struktur-nyata dan virtual-yang mengubah tumpukan data menjadi sesuatu yang bermakna dan indah, kata Eric Rodenbeck, pendiri dan direktur kreatif di Desain benang sari.
    Kualifikasi: Pengalaman dalam lingkungan virtual, pencitraan dan visualisasi, keterampilan teknis, kemauan untuk belajar alat-alat baru dan imajinasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar